Monday, December 5, 2016

Sembilan Langkah Karaoke English Song

Oleh *Dr.Untung Gautara, S.Pd., M.M.Pd.

B
AGI sebagian pelajar, Bahasa Inggris adalah pelajaran yang membuat pusing, pelajaran yang sulit untuk dipelajari. Dari waktu ke waktu, keadaan itu terus memberatkan mereka. Tapi ternyata, tidak hanya memberatkan pelajar, karena  memberatkan sebagian guru Bahasa Inggris juga. Pelajar puyeng karena sulit mempelajari Bahasa Inggris, sedangkan para guru Bahasa Inggris pusing karena kehabisan cara mengajar Bahasa Inggris yang cukup efektif tapi menyenangkan. Sebetulnya, kesulitan pada kedua belah pihak itu tidak perlu terjadi, apalagi terjadi secara berkelanjutan atau berlarut-larut. Untuk menghentikan hal itu, penulis menawarkan sebuah seni mengajar Bahasa Inggris dengan Karaoke English Song.
            Lagu berbahasa Inggris yang akan digunakan untuk pembelajaran Bahasa Inggris, sebaiknya lagu yang easy listening dan tengah hit, tema lagu disesuaikan dengan ketentuan indikator pembelajaran, dan bisa dikuasai dengan maksimal oleh guru. Jika lagu sudah didapat, guru Bahasa Inggris boleh mengikuti langkah-langkah berikut ini:
1.      Lyric Reading
Bacalah lirik lagu seperti membaca puisi di hadapan murid dengan penuh penghayatan. Buatlah murid terpesona dengan penampilan guru. Kemungkinan besar mereka belum memahami apa arti lirik yang guru bacakan. Jangan dulu diberitahu apa artinya dengan penerjemahan. Beritahulah mereka arti lirik lagu itu dengan ekpresi wajah, bahasa tubuh, dan intonasi.



2.      Lyric Reading 2
Pembacaan lirik yang pertama,  guru berdiri di depan para pelajarnya, atau duduk saja di kursinya. Pada langkah yang kedua ini, guru mendekati para pelajarnya dengan akrab, meraih emosi mereka dengan membaca lirik lagu seolah-olah mengajak mereka bicara.
3.      Sing Without Music
Secara perlahan tapi terus menanjak dan kuat guru meraih emosi para pelajarnya. Lakukan dengan penuh rasa percaya diri, karena bila penampilan guru tidak meyakinkan, keterpesonaan pelajar pada gurunya akan mengendur. Jadi proses belajar mengajar Bahasa inggris dengan menggunakan English Song, grafiknya harus meningkat. Pada langkah ketiga guru mulai menyanyikan lirik lagu tapi tanpa diiringi musik. Maksudnya, agar pelajar lebih fokus mendengarkan lantunan lagu dari kata yang satu ke kata yang lainnya. Di sini, pelajar tidak menyadari kalau mereka sedang dibawa oleh gurunya untuk mengakrabi kata-kata yang terdapat dalam lirik lagu. Tanpa terasa juga mereka dibawa untuk menghapal kata-kata.
4.      Sing by Music
Tidak maksimal rasanya bila bernyanyi tanpa diiringi musik. Pada langkah keempat inilah guru menyanyikan lagu pilihannya dengan diiringi musik. Jika langkah kesatu hingga ketiga dilaksanakan dengan baik, dijamin para pelajar akan ikut bernyanyi walau tanpa diminta dan masih sepotong-sepotong. Jika itu terjadi, guru boleh merasa bahagia karena dia telah berhasil mempesonakan para pelajarnya.
5.      Translation
Membantu pelajar menerjemahkan English Song sudah dilakukan secara tersamar melalui ekpresi wajah, bahasa tubuh, dan intonasi. Cobalah cek dulu apakah ketiga hal itu sudah cukup membantu para pelajar? Jika ada seorang pelajar saja yang berani menerjemahdarikan lirik lagu walaupun tidak benar semua, guru tidak perlu cemas karena hal itu sudah menunjukkan keberhasilan guru. Selanjutnya, guru bisa membantu proses penerjemahan para pelajarnya dengan membetulkan keslahan mereka dan menjelaskan apa alasannya. Penerjemahan per kata, per kalimat, per paragraf, hingga secara utuh, dilakukan oleh pelajar. Dalam langkah ini guru bertindak sebagai korektor dan penyemangat.
6.      Read Guiding
Menuntun, memandu, menyalahkan, dan membenarkan pelajar ketika membaca, bisa satu per satu. Tapi jika waktu tidak cukup tentu per kelompok juga tidak bisa disalahkan, bahkan bisa dikatakan seru karena tanpa terasa membawa mereka bernostalgia ke masa duduk di sekolah dasar. Tak ada salahnya bernostalgia, apalagi jika guide reading-nya sukses.
7.      Sing Guiding
Para pelajar tentu ingin menguasai lagu yang diajarkan oleh guru. Di balik itu, guru juga harus membuat para pelajarnya hapal. Hapal lagu berarti hapal sejumlah kata-kata Bahasa Inggris. Itu sangat positif. Pemanduan menghapalkan lagu bisa dimualai dari per anak kalimat, per kalimat, per paragraf, hingga keseluruhan.
8.      Lyric Connection
Pada langkah kedelapan inilah guru harus pandai menghubungkan lirik lagu dengan tuntutan pembelajaran. Tidak perlu khawatir karena lirik lagu sangat bisa dikupas dihubungkan dengan grammar, greeting, expressing, dan tuntutan pembelajaran lainnya.
9.      Sing Together by Music
Akhirnya KBM atau Kegiatan Belajar Mengajar Bahasa Inggris memang harus berakhir dengan bahagia. Langkah terakhir dari seni mengajar ini tentu saja Sing Together by Music. Jangan heran bila anak-anak akan sangat ekpresif, tapi suaranya over dan ngalor-ngidul spitch control-nya. Thats no problem, yang penting Enjoy to study English.
            Seni mengajar ini, sudah sering penulis terapkan dan hasilnya sangat menggembirakan. Tapi, bagi sebagian guru Bahasa Inggris, mungkin tidak berani menerapkannya lantaran tidak bisa menyanyi. Waduh, nggak globalisasi banget kalau guru Bahasa Inggris tidak bisa nyanyi. Kalau ingin maju, pasti bisa belajar. Tidak mesti kualitasnya seperti seorang penyanyi profesional, asal percaya diri sudah cukup. Tapi, jika mind set-nya sudah mentok atau memang benar-benar tidak bisa, Insya Allah penulis masih akan bisa berbagi pengalaman mengajar Bahasa Inggris yang mengasyikan lainnya.

Pilang, 13 Mei 2013

* Penulis Kepala SMK Pejuang Negeri Haurgeulis Indramayu. 

No comments:

Post a Comment